VOIP
Pengertian
VOIP(Voice Over Internet Protocol)
InterPhone dapat langsung
dihubungkan ke jalur internet ataupun melalui IP PBX atau router. Sedangkan
IPStar sebagai media yang menghubungkan telepon biasa dengan jalur internet.
Gateway IP2000 dapat menghubungkan 32 jalur telepon analog atau sampai 96 jalur
digital E1.
Untuk
penggunaan sebagai ITSP, IP2000 dilengkapi dengan billing system.
Tiap perangkat DSG memiliki ID
tersendiri, sehingga perangkat satu dengan yang lain dapat saling berhubungan.
Kelemahan produk DSG ini adalah tidak kompatibel dengan standar H.323, sehingga
hanya dapat berhubungan dengan produk sejenis. Produk DSG telah dipakai di 20
negara dengan jumlah gateway lebih dari 50.
Jaringan
internet yang dipakai berupa publik internet atau intranet, sedangkan koneksi
melalui Interconnectivity Provider belum tersedia.
Cara kerja
VOIP
VoIP
mengkonversikan atau mengubah suara anda yang merupakan sinyal analog menjadi
sinyal digital yang ditransmisikan melalui internet. Tidak seperti telepon
konvensional yang mentransmisikan suara anda menggunkan sinyal listrik melalui
kabel. VoIP dapat digunakan langsung melalui komputer, telepon khusus VoIP
ataupun pesawat telepon konvensional yang tersambung menggunakan alat khusus
yang dinamakan VoIP adapter.
Secara
garis besar layanan VoIP dapat dibagi menjadi 4, yaitu :
1. Computer to Computer
Layanan
ini merupakan layanan voice call yang menggunakan komputer sebagai alat
komunikasi. Dengan menggunakan layanan khusus di internet kita bisa menggunakan
komputer kita yang telah terhubung dengan internet untuk melakukan panggilan ke
komputer lain yang menggunakan layanan yang sama. Banyak penyedia layanan VoIP
di internet. Salah satu layanan yang mendukung panggilan suara melalui internet
adalah Yahoo messenger. Dengan menggunakan Yahoo messenger kita bisa melakukan
voice call dengan sesama user. Begitu juga penyedia layanan lainnya, seperti
MSN messenger ataupun Skype. Layanan VoIP computer to computer dapat dilakukan
secara gratis, anda hanya cukup menyediakan koneksi internet pada komputer
anda.
2. Computer to Phone
Layanan
ini merupakan layanan yang memungkinkan kita melakukan panggilan dari komputer
ke telepon, baik itu telepon tetap (PSTN) ataupun mobile phone (handphone).
Layanan ini juga membutuhkan penyedia layanan di internet. Salah satu penyedia
layanan ini adalah Skype. Layanan ini juga tidak gratis seperti layanan
computer to computer VoIP, layanan ini membutuhkan biaya yang harus dibeli
terlebih dahulu (sistem prabayar). Cara menggunakan layanan ini juga tidak
sulit. Pertama, kita harus memiliki account di penyedia layanan terkait,
biasanya membuat account tidak di pungut biaya. Lalu kita membeli credit atau
bisa juga disebut pulsa, yang nantinya akan digunakan untuk melakukan panggilan
ke telepon. Panggilan yang dilakukan tidak hanya ke nomor telepon lokal, namun
panggilan dapat dilakukan untuk menghubungi nomor internasional di seluruh
dunia. Dan juga, kita dapat melakukan panggilan baik ke telepon tetap ataupun
handphone. Tarif yang digunakan mengacu pada penyedia layanan.
3. Phone to Computer
Layanan
VoIP call ini merupakan layanan yang memungkinkan anda melakukan panggilan dari
telepon ke komputer. Lagi-lagi penyedia layanan yang mendukung layanan ini
salah satunya adalah Skype. Saat kita mempunyai account skype, kita juga dapat
mempunyai apa yang di sebut Online Number. Online number inilah yang nantinya
dapat di hubungi dari telepon manapun.
4. Phone to Phone
Layanan
dilakukan dengan menggunakan pesawat telepon khusus atau telepon konvensional
yang di hubungkan dengan VoIP adapter. Untuk menggunakan layanan ini kita harus
menggunakan penyedia layanan phone to phone VoIP. Salah satu penyedia layanan
ini adalah Phone Power. Dengan layanan ini kita dapat melakukan panggilan
kemana pun diseluruh dunia yang menggunakan alat yang mendukung.
1.
Pendahuluan
VoIP yang disebut juga internet
telephony merupakan teknologi yang menawarkan solusi teleponi melalui jaringan
paket (IP Network). Teknologi menyimpang dari kelaziman tetapi menjanjikan
suatu kelebihan, sehingga banyak pihak yang ikut melibatkan diri.
VoIP
mereduksi biaya mereduksi biaya percakapan sampai 60%. Sebagai contoh, tarif
percakapan lewat telepon kabel di Amerika Serikat Rp 6.000/menit atau US$ 66
sen, sementara tarif VoIP hanya Rp 1.300/menit atau sekitar US$ 14 sen. Selain Reduksi biaya, VoIP juga
menyederhanakan sistem, memudahkan OAM dan mendukung aplikasi multimedia.
Berikut ini gambar sekilas mengenai VoIP.
1.
Konfigurasi Jaringan
Untuk
melewatkan voice melalui jaringan internet (IP), memerlukan gateway. Gateway
mengubah format sinyal suara (analog, T1/E1, BRI maupun PRI) ke paket IP,
begitu juga sebaliknya.
Beberapa
vendor menyediakan gateway berkapasitas kecil (SOHO Gateway) yang berbentuk
card yang harus diinstal ke sebuah PC, atau berbentuk smart terminal (tidak
memerlukan PC).
Bahkan
terminal telepon yang dapat langsung dihubungkan dengan jaringan internet (IP
Phone) juga tersedia. Gambar di atas menunjukkan konfigurasi VoIP.
a)
Layanan
Dari
Gambar 1 tampak VoIP menyediakan layanan voice Phone-to-Phone,
Computer-to-Phone atau Computer-to-Computer. Selain layanan voice, VoIP juga
dapat digunakan untuk fax (Fax over Internet Protocol). Layanan internet
existing juga diperkaya dengan layanan web based voice. VoIP juga mendukung layanan
Interactif voice response, Call center integration, dan Video conference.
b)
Jaringan Internet (IP Network)
Jaringan
Internet (IP Network) yang digunakan adalah internet, Corporate atau Enterprise
IP network (Intranet) dan IP Virtual
Private Network (Extranet). Jaringan internet mewakili public internet,
memiliki resiko kegagalan yang besar, sedangkan intranet dan PVN sering disebut
Managed IP network. Managed IP Network menjamin kualitas VoIP, beberapa
provider menyediakan koneksi ke jaringan Managed IP Network-nya.
Masalah
utama dalam VoIP adalah Quality of Service seperti Interoperability,
Reliability, Availability, Scalability, Accessibility, dan Viability yang belum
matang. Beberapa usaha dilakukan untuk mengatasi hal tersebut, seperti membentu
protokol komunikasi yang sesuai, menggunakan signalling ss7, MPLS, network
management, serta network improvement.
c)
Standar
ITU
mengeluarkan standar resmi H.323. Komponen yang disyaratkan oleh H.323 lebih
lengkap dan mendukung layanan multimedia. selain H.323, terdapat protokol lain
seperti MGCP (Media Gateway Control Protol), SIP (Session Inisialization
Protocol), SGCP (Simple Gateway Control Protocol), MMUSIC Multiparty
(MUltimedia SessIon Control) dll.
Akibat
belum matangnya protokol-protokol di atas, terdapat banyak produk yang memiliki
standar yang berbeda.
d) Teknologi
Lain
Selain
Voice over IP, dikenal juga teknologi lain seperti Fax over IP (FoIP), Voice
over ATM (VoATM), dan Voice over Frame Relay (VoFR) dan Voice Over Wireless
(VOW).
e)
Vendor dan Provider
Secara
umum vendor terdiri atas penyedia sirkit VoIP tunggal, penyedia gateway dan
perangkat pendukung, terminal dan penyedia software. Sedangkan provider
menyediakan layanan yang berkenaan dengan jaringan VoIP.
Service
provider terdiri dari Internet Telephony
Service Provider (ITSP), Internet Fax Service Provider (IFSP), Interconectivity
Provider, Testing Facilities Provider, Directory Service Provider dan
Integrator. ITSP dan IFSP menyediakan layanan voice dan fax kepada end user,
sedangkan Interconectivity Provider menyediakan Manage IP Network.
f)
Contoh Jaringan VoIP
Contoh
sederhana implementasi jaringan VoIP menggunakan produk DSG Technologies Inc.
Produknya terdiri dari Gateway (IP2000), SOHO Gateway (IPStar) dan IP Phone
(Interphone).
Layanan yang diberikan adalah phone to phone dengan
konfigurasi seperti Gambar 2.
InterPhone dapat langsung
dihubungkan ke jalur internet ataupun melalui IP PBX atau router. Sedangkan
IPStar sebagai media yang menghubungkan telepon biasa dengan jalur internet.
Gateway IP2000 dapat menghubungkan 32 jalur telepon analog atau sampai 96 jalur
digital E1.
Untuk
penggunaan sebagai ITSP, IP2000 dilengkapi dengan billing system.
Tiap perangkat DSG memiliki ID
tersendiri, sehingga perangkat satu dengan yang lain dapat saling berhubungan.
Kelemahan produk DSG ini adalah tidak kompatibel dengan standar H.323, sehingga
hanya dapat berhubungan dengan produk sejenis. Produk DSG telah dipakai di 20
negara dengan jumlah gateway lebih dari 50.
Jaringan
internet yang dipakai berupa publik internet atau intranet, sedangkan koneksi
melalui Interconnectivity Provider belum tersedia.
Cara kerja
VOIP
VoIP
mengkonversikan atau mengubah suara anda yang merupakan sinyal analog menjadi
sinyal digital yang ditransmisikan melalui internet. Tidak seperti telepon
konvensional yang mentransmisikan suara anda menggunkan sinyal listrik melalui
kabel. VoIP dapat digunakan langsung melalui komputer, telepon khusus VoIP
ataupun pesawat telepon konvensional yang tersambung menggunakan alat khusus
yang dinamakan VoIP adapter.
Secara
garis besar layanan VoIP dapat dibagi menjadi 4, yaitu :
1. Computer to Computer
Layanan
ini merupakan layanan voice call yang menggunakan komputer sebagai alat
komunikasi. Dengan menggunakan layanan khusus di internet kita bisa menggunakan
komputer kita yang telah terhubung dengan internet untuk melakukan panggilan ke
komputer lain yang menggunakan layanan yang sama. Banyak penyedia layanan VoIP
di internet. Salah satu layanan yang mendukung panggilan suara melalui internet
adalah Yahoo messenger. Dengan menggunakan Yahoo messenger kita bisa melakukan
voice call dengan sesama user. Begitu juga penyedia layanan lainnya, seperti
MSN messenger ataupun Skype. Layanan VoIP computer to computer dapat dilakukan
secara gratis, anda hanya cukup menyediakan koneksi internet pada komputer
anda.
2. Computer to Phone
Layanan
ini merupakan layanan yang memungkinkan kita melakukan panggilan dari komputer
ke telepon, baik itu telepon tetap (PSTN) ataupun mobile phone (handphone).
Layanan ini juga membutuhkan penyedia layanan di internet. Salah satu penyedia
layanan ini adalah Skype. Layanan ini juga tidak gratis seperti layanan
computer to computer VoIP, layanan ini membutuhkan biaya yang harus dibeli
terlebih dahulu (sistem prabayar). Cara menggunakan layanan ini juga tidak
sulit. Pertama, kita harus memiliki account di penyedia layanan terkait,
biasanya membuat account tidak di pungut biaya. Lalu kita membeli credit atau
bisa juga disebut pulsa, yang nantinya akan digunakan untuk melakukan panggilan
ke telepon. Panggilan yang dilakukan tidak hanya ke nomor telepon lokal, namun
panggilan dapat dilakukan untuk menghubungi nomor internasional di seluruh
dunia. Dan juga, kita dapat melakukan panggilan baik ke telepon tetap ataupun
handphone. Tarif yang digunakan mengacu pada penyedia layanan.
3. Phone to Computer
Layanan
VoIP call ini merupakan layanan yang memungkinkan anda melakukan panggilan dari
telepon ke komputer. Lagi-lagi penyedia layanan yang mendukung layanan ini
salah satunya adalah Skype. Saat kita mempunyai account skype, kita juga dapat
mempunyai apa yang di sebut Online Number. Online number inilah yang nantinya
dapat di hubungi dari telepon manapun.
4. Phone to Phone
Layanan
dilakukan dengan menggunakan pesawat telepon khusus atau telepon konvensional
yang di hubungkan dengan VoIP adapter. Untuk menggunakan layanan ini kita harus
menggunakan penyedia layanan phone to phone VoIP. Salah satu penyedia layanan
ini adalah Phone Power. Dengan layanan ini kita dapat melakukan panggilan
kemana pun diseluruh dunia yang menggunakan alat yang mendukung.
Referensi
http://nurhudaym.wordpress.com/2013/06/11/voip/